Kamis, 05 Januari 2012

HAM
HAM adalah Hak Asasi Manusia. Hak untuk hidup, hak untuk bebas mengeluarkan pendapat, hak untuk memperoleh pendidikan, hak untuk beribadah, dan lain – lain. Hak Asasi Manusia merupakan anugerah atau kodrat yang telah diberikan oleh Tuhan kepada semua manusia sejak mereka masih di dalam kandungan. Namun, apa yang telah terjadi di negeri Indonesia pada saat ini? Seakan HAM sudah tidak dipandang lagi.

Seperti yang terjadi di Lampung belakangan ini, seakan HAM dipandang sebelah mata oleh para penguasa, yang mempunyai kedudukan tinggi tersebut. Padahal HAM dilihat bukan dari kedudukan seseorang. HAM ada dalam diri setiap manusia. Pembantaian kepada para petani tersebut merupakan sikap yang sangat kejam dan tidak berperikemanusiaan. Mengapa mereka tega melakukan seperti itu? Mengapa pemilik modal yang berhamburan uang itu menugaskan para bawahannya untuk melakukan itu? Seperti Maju Tak Gentar Membela yang Bayar.

Sangatlah tidak adil jika mereka tidak dihukum sesuai dengan hukum yang berlaku. Karna menurut saya, ini adalah pelanggaran HAM. Menurut saya, pemerintah seharusnya langsung turun tangan dalam kasus ini. Tapi mengapa pemerintah hanya bertopang dagu? Hanya membuat rencana, namun tidak dilaksanakan. Kasus ini dapat dengan mudah menyebar ke negera lainnya, dan bisa membuat Negara ini menjadi malu sendiri, dan membuat Negara Indonesia dipandang kurang baik oleh Negara lainnya. Dan yang Saya baca di Koran, badan HAM sudah lama melaporkan kejadian ini kepada pihak berwajib, namun sampai sekarang belum ada tindakan untuk menyelesaikan perkara tersebut. Dan PT tersebut masih membela diri, mereka berkata “mana mungkin kami melakukan hal seperti itu”. Ya semoga semua masalah dapat terselesaikan secara baik dan adil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar