Minggu, 24 Maret 2013

Tulisan Bahasa Indonesia 2 #

BAHASA INDONESIA

Bahasa Indonesia merupakan bahasa kesatuan Republik Indonesia. Bahasa yang dijunjung tinggi di negara Indonesia. Bahasa Indonesia digunakan dari sabang sampe merauke, dan juga digunakan untuk komunikasi sehari – hari. Dan pada sumpah pemuda juga tertera pada bait ketiga, yaitu Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan di sekolah – sekolah dari SD sampai SMA, dan juga perguruan tinggi.

Sebagai warga negara Indonesia, sepatutnya kita bangga jika dapat menguasai dan berbicara secara baik dan benar dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sebenarnya di Indonesia juga terdapat beragam bahasa, di setiap suku terdapat bahasanya sendiri. Tapi dengan adanya bahasa Indonesia, mereka tidak perlu merasa kesulitan jika ingin berkomunikasi dengan yang berbeda bahasa dengannya. Namun, kadang bahasa Indonesia sering diabaikan begitu saja. Di sekolah contohnya, siswa – siswanya kadang lebih menganggap remeh pelajaran bahasa Indonesia, karna menurut mereka bahasa Indonesia adalah bahasa mereka sendiri.

Mereka lebih mengutamakan pelajaran bahasa asing. Belajar bahasa asing juga memang dibutuhkan untuk dapat bersaing di dunia internasional, apalagi jaman sekarang apa – apa juga menggunakan bahasa asing. Namun bahasa Indonesia tak kalah penting dengan bahasa asing lainnya. Apakah tidak malu jika nilai bahasa Indonesia lebih rendah dibandingkan dengan bahasa asing? padahal bahasa Indonesia merupakan bahasa kita sendiri.

Jaman sekarang juga terdapat bermacam- macam bahasa yang gaul. Seperti bahasa alay lah, dan lainnya. Itu juga bisa membuat kita lupa untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Memang tidak harus menggunakan bahasa Indonesia secara baku dalam sehari – hari, namun setidaknya kita masih bisa mempraktikan bahasa Indonesia dalam kehidupan kita. Kita sebagai warga negara Indonesia, harus cinta kepada bahasa sendiri.

Cinta dan bangga terhadap tanah air Indonesia harus sudah ditanamkan dari kecil. Dan juga akan bahasa kesatuannya, yaitu bahasa Indonesia. Belajar bahasa lain selain bahasa Indonesia juga sangat baik, bisa menambah pengetahuan, teman dan hal positif lainnya. Namun kita seharusnya juga tidak melupakan bahasa kita sendiri. Kita sebagai generasi muda harus bisa memajukan negara Indonesia. Agar generasi yang akan datang dapat lebih mencintai negara dan bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar