Kamis, 02 Mei 2013

Tulisan Bahasa Indonesia 2#


HERBAL

Alam merupakan tempat berpijaknya manusia. Tuhan menciptakan alam dengan berbagai isinya yang dapat berguna untuk manusia. Dan yang dari alam tersebut lah yang dapat digunakan untuk cara berobat juga. Zaman sekarang, cara-cara untuk berobat makin bermacam-macam. Kini tidak hanya ke rumah sakit jika ingin berobat. Sekarang telah ada cara berobat secara herbal. Pengobatan dengan cara herbal ini sama-sama menggunakan obat, sama halnya dengan medis. Namun, obat-obat yang dimaksud adalah obat-obat yang mengandung bahan alami.
Herbal merupakan suatu tumbuhan atau tanaman yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Yaitu segala jenis tanaman dan bagian-bagiannya yang yang mengandung beberapa bahan aktif yang dapat dipergunakan sebagai obat (therapeutic). Herbalogi berasal dari sebuah kata ‘Herba’ yang mempunyai arti tumbuhan dan ‘logi’ atau ‘logos’ yang mempunyai arti ilmu. Jadi Herbalogi merupakan ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu berkait dengan dunia tumbuh-tumbuhan. Dalam dunia pengobatan herbalogi dipahami sebagai sebuah konsep atau metode pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari herba (tanaman obat).
Produk herbal makin banyak. Dan orang-orang juga sudah banyak yang menggunakan obat secara yang alami dibandingkan dengan pengobatan secara medis. Hal ini dikarenakan obat herbal tidak memiliki efek samping. Dan juga dikarenakan harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan berobat secara medis atau di rumah sakit. Obat-obat kimia atau obat farmasi tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Berbeda dengan obat herbal yang bebas racun. Jadi obat herbal dapat bebas dikonsumsi secara aman oleh siapapun. Bahkan obat yang alami ini juga dapat dijadikan sebagai penghilang racun-racun yang terdapat di dalam tubuh kita atau detoksifikasi.
Usaha obat herbal ini juga sudah sangat berkembang di Indonesia. Hal ini disebabkan karena cara pengolahan obat herbal tidak terlalu rumit. Dan juga bahan-bahannya sudah banyak tersedia. Herbal juga memiliki proses penyembuhan secara pribiotik. Sifat pribiotik adalah memberikan dampak yang baik bagi mikroorganisme dalam tubuh sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.
Di Indonesia, tersedia banyak tumbuh-tumbuhan, yang dapat berguna untuk segala macam kegiatan. Salah satunya untuk pengobatan. Herbal merupakan sesuatu yang alami, yang berasal dari alam langsung, dan setelah itu diolah sehingga menghasilnya suatu produk yang dinamakan produk obat herbal. Dengan adanya obat herbal ini, dapat membuat kita tidak perlu berobat ke rumah sakit (jika sakitnya tidak parah). Obat herbal tidak memiliki efek samping. Untuk itu aman untuk di konsumsi.
Dapat disarankan, tanaman obat-obatan yang dapat dijadikan obat dapat Anda tanam sendiri di halaman rumah, atau di lingkungan rumah sekitar. Selain dapat membuat suasana menjadi tambah sejuk, tanaman tersebut juga dapat dijadikan obat, sehingga kita dapat langsung memetiknya dan mengolah sendiri. Dan juga kita harus tetap merawat dan melestarikan segala yang telah diberikan oleh Tuhan. Jadi harus membudidayakan tanaman obat-obatan. Membudiyakan dapat dengan cara penjualan bibit tanaman dan menjual produk tanaman Hal tersebut dapat memberikan manfaat ekonomis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar